Breaking News
Loading...
Minggu, 23 Oktober 2011

Music Colaboration


Pernahkah anda melihat sebuah pertunjukan musik modern yang dipadukan dengan unsur tradisional atau kita lebih mengenalnya dengan nama Etnik? saya rasa anda pasti pernah melihat hal tersebut karena akhir - akhir ini banyak sekali para seniman yang mengawinkan 2 unsur yang berbeda menjadi unsur yang dapat dinikmati oleh masyarakat khususnya pecinta musik.

perkembangan kolaborasi musik modern dengan musik etnik sebenarnya telah berlangsung sejak lama di negeri indonesia ini. dalam perjalanannya tercatat beberapa musisi kondang yang mengkolaborasikan musik modern dan musik tradisional sebut saja grup band senior GODBLESS dengan lagu Bara timur dimana pada intro awal lagu tersebut disisipi gamelan bali, kemudian Drummer berbakat Indonesia yakni Gilang ramadhan yang sering memodifikasi drumkit-nya dengan tambahan gendang dll.


saat ini kolaborasi antara musik modern dan etnik bukan hanya dipelajari secara otodidak namun sudah menjadi Jurusan di Universitas / sekolah tinggi musik. coba kita lihat grup musik etnik yang berasal dari bandung yang bernama Saratus persen, serta Samba Sunda. walaupun mereka berasal dari tanah pasundan namun aliran musik etnik yang mereka bawakan tidak selalu berbau Sunda.

Saratus Persen lebih mendonimasikan musik mereka di kolaborasikan dengan gamelan bali dan secara otomatis Ritme yang mereka mainkan lebih cepat dan energik mengikuti ketukan gamelan Bali yang memiliki tempo cepat. sedangkan untuk Samba Sunda, mereka lebih cenderung mengarahkan musik mereka ke dalam tempo yang sedikit lambat sehinggal musik mereka terdengar mengalun-alun. tak hanya instrument etnik sunda dan modern yang dimainkan nya, dalam beberapa lagu mereka, mereka mengkolaborasikan musik etnik Cina, Sunda Dan modern. ini tentunya memberikan warna yang berbeda dalam dunia musik etnik.

berbeda dengan saratus persen, musik samba sunda terdengar lebih banyak menggunakan alat musik dari berasal dari sunda. terlepas dari nama grup, mereka merupakan para pejuang yang selalu berjuang melestarikan budaya tradisional daerahnya dan mengemas menjadi sebuah sajian yang enak didengar oleh pecinta musik tanah air

dengan kolaborasi tersebut Lagu Sinanggar Tulo yang bertempo medium bisa di aransemen ulang menjadi musik Rock. Re-arrange ini dilakukan oleh Viky sianipar, Berikut Video klip lagu sinanggar tulo yang dibawakan oleh Viky Sianipar And Friend.





dan video dibawah ini merupakan lagu terbaru dari saratus persen.


Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar :

Posting Komentar

No Chapta, No Moderation but Don't Spam..Enjoy This Blog

Back To Top